IKLAN DISPLAY 1

JARINGAN 4G HILANG PADA XIAOMI, INILAH SOLUSINYA!!!

Penyebab Jaringan 4g Hilang Pada Handphone XIAOMI

Sebelum saya bahas bagaimana cara memunculkan kembali jaringan 4g yang hilang pada sebagian tipe handphone xiaomi termasuk tipe redmi, redmi 3, redmi 3s, dan redmi 3x.

Akan saya jelaskan terlebih dahulu sebenarnya apa penyebab jaringan 4g pada sebagian tipe handphone produk xiaomi ini bisa hilang atau tidak muncul di pengaturan handphone tersebut. Padahal handphone tersebut sudah jelas dan terbukti mendukung jaringan 4g.

Permasalahan ini khususnya terjadi pada xiaomi  tipe redmi, redmi 3, redmi 3s / redmi 3x dan ini termasuk juga terjadi pada redmi 3s yang saya pegang.

Pada sebagian xiaomi tipe redmi ini, termasuk redmi 3s yang saya pegang di pengaturan jaringan  masih ada pilihan ke jaringan 4g atau prioritas LTE 

Namun pada sebagian tipe redmi lainnya pada pengaturan jaringan tidak ada pilihan prioritas LTE hanya ada pilihan prioritas 3g dan 2g saja. Padahal jelas-jelas handphone tipe ini sudah mendukung jaringan 4g.

Walaupun pada handphone redmi 3s yang saya pegang di pengaturan jaringan ada pilihan prioritas LTE namun sulit sekali atau tidak bisa lock jaringan 4g.


Mungkin masih banyak yang belum tahu mengapa hal ini bisa terjadi. Bagi anda yang belum tahu hal ini terjadi karena adanya peraturan pemerintah Indonesia yaitu TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri)

Maksud dari TKDN adalah produk handphone dari luar negeri yang sudah support jaringan 4g LTE agar bisa di pasarkan di indonesia untuk TKDN nya harus mencakup minimal 30%. 

Ini maksudnya kandungan atau isi di dalam handphone tersebut yaitu spare parts, software dan lain sebagainya, setidaknya 30% adalah produk dalam negeri. 

Pihak xiaomi belum bisa memenuhi hal ini, maka dari itu mereka memilih untuk tidak memasarkan lagi produk handphone yang sudah mendukung jaringan 4g buatan mereka di Indonesia.

Namun sekarang ada beberapa tipe dari handphone xiaomi support 4g yang sudah beredar resmi di indonesia karena sudah memenuhi peraturan TKDN tersebut. 

Jadi untuk handphone 4g termasuk tipe redmi ini yang sudah dipasarkan di Indonesia dan sudah di upgrade ke rom MIUI 8 atau rom MIUI 9 sudah di pastikan sulit atau tidak bisa memilih jaringan 4g only.

Di karena pengaturan jaringan 4g pada handphone tersebut di hilangkan. Dan kalau pun ada handphone 4g produk xiaomi yang masuk di pasarkan di Indonesia saat ini adalah garansi distributor, bukan garansi resmi.

Pihak distributor menyiasati tentang hal peraturan TKDN dengan membuang atau menghilangkan jaringan 4g pada handphone tersebut. sehingga hanya ada jaringan 3g dan 2g saja. 

Cara Mengembalikan Jaringan 4g Yang Hilang Pada Handphone XIAOMI 

Cara berikut ini bisa berlaku untuk semua tipe handphone xiaomi  khususnya redmi 3, redmi 3s, redmi 3x dan mungkin ada salah satu cara yang tidak bisa berlaku di semua tipe handphone xiaomi.

Secara global hal ini bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara sementara dan dengan cara yang permanen. 

Berikut ini adalah cara sementara untuk mengembalikan jaringan 4g handphone xiaomi khususnya redmi 3, redmi 3s dan redmi 3x :

  • Ubah jaringan ke 4g only

    • Hidupkan data seluler
    • Buka pengaturan, pilih pengaturan tentang ponsel (about phone) lalu tekan 5x berturut-turut pada tulisan penyimpan internal maka anda akan masuk ke pengaturan informasi telepon




    • pilih informasi telepon 1, lalu pilih jaringan LTE only




    • Sekarang coba anda lihat di status sinyal jaringan operator apakah sudah di jaringan 4g. Jika sudah stabil di jaringan 4g atau sinyal tidak hilang / kembali lagi ke jaringan 3g,berarti cara ini berhasil.

      Jika masih belum stabil mari lanjut ke cara kedua


  • Ubah pengaturan lokasi telepon

    • Tugas anda sekarang kembali lagi ke pengaturan handphone. lalu ubah pengaturan lokasi selain Indonesia.
    • Lalu anda pergi ke pengaturan waktu, matikan atau nonaktifkan zona waktu otomatis dan zona waktu berdasarkan jaringan
    • restart handphone
    • Setelah handphone menyala ulangi cara yang pertama tadi yaitu ubah jaringan 4g only
    • Jika langkah kedua ini belum juga berhasil atau jaringan 4g nya tidak mau stabil di handphone xiaomi milik anda, mari kita lanjutkan ke cara ketiga


  • Downgrade versi MIUI ke MIUI 7


    Ini adalah cara terakhir dan di katakan cara permanen. Dan menurut saya inilah cara yang paling tepat.

    Karena sudah terbukti redmi 3s milik saya sangat lancar menggunakan jaringan 4g LTE. Karena pada rom atau firmware MIUI 7 ini ibarat kata jaringan 4g nya belum di kunci.

    Jadi walaupun kita tinggal di indonesia namun masih bisa menikmati kecepatan jaringan 4g lewat handphone xiaomi ini.

    Untuk downgrade MIUI xiaomi ini caranya harus melalui flash. Dan untuk cara flashing nya nanti akan saya jelaskan di artikel berikutnya

Itulah tadi beberapa cara untuk mengembalikan  yang hilang atau membuat stabil jaringan 4g pada handphone xiaomi khususnya tipe redmi 3, redmi 3s dan redmi 3x. Semoga membantu.

35 komentar untuk "JARINGAN 4G HILANG PADA XIAOMI, INILAH SOLUSINYA!!! "

Comment Author Avatar
Oke selamat mencoba,
Good luck
Comment Author Avatar
Sip kang akhirnya ane bisa mengubah XIaomi ke LTE Only, biar gk brubah kembali ke 3G
Comment Author Avatar
Pilihan 4g ada bang tapi pas diset sinyal langsung silang ilang gitu ngak ada jaringan, udah saya cba pke mui 7,8,9 sama aj, apa yg rusak ya bang,,,mohon infonya mkn ada yg pernah tau..ok terimakasih
Comment Author Avatar
Sama kita bg. Gmn solusinya bang
Comment Author Avatar
Kekuatan jaringan di wilayah agan gmna? Ada kemungkinan di sebabkan jaringan 4g di wilayah agan kurang stabil, jadi tidak bisa lock. Solusi lain, coba flash ulang pakai miui 7 menggunakan firmware yang mendukung fix jaringan 4g
Comment Author Avatar
Redmi 3s saya susah dpt jaringan setelah d upgrade ke versi MIUI 9.5.5
bagai mana cara mengatasinya.
Apakah bisa di kembalikan ke versi 9.2.0
Comment Author Avatar
Bisa gan, justru agar jaringan bisa stabil terutama jaringan 4g, miui nya harus di Downgrade
Comment Author Avatar
Redmi 3s saya susah dpt jaringan setelah d upgrade ke versi MIUI 9.5.5
bagai mana cara mengatasinya.
Apakah bisa di kembalikan ke versi 9.2.
Comment Author Avatar
Saya udah coba miui 7.8.9 tapi sinyal 4g tetap silang gmna ya bos,,,mi5s plus
Comment Author Avatar
Maaf gan cara flash Xiaomi redmi3s turun ke MUI 7 gmn caranya gan ,trims
Comment Author Avatar
Cara flash nya gimana mas ?
Comment Author Avatar
pliss boss butuh mentahan downgrade miui7/8
Comment Author Avatar
Min kan ane dah ikutin semuanya. Tapi pas masuk menu pilihan lte/wcdma/gsm gk ada? Itu solusinya gmna yaa versi mi nya 7.5.2.0 miui 7.5
Comment Author Avatar
Awal nya sama boss ane jg gt mentok H+ ane pke redmi note 5 pro china nah tapi ane coba tuh yg di atas *#*#4636#*#* awal pake only lte malah hilang ane coba lah satu per satu yg lain ,, eh rejeki salah satu ny bisa 4G trus tanpa H+ tpi ni masalah ny ada kekurangan ny g nanti jg g tw ane.
Comment Author Avatar
Om, hp saya redmi note 3,sudah di up ke mui 9.2.3,sinyal 4G ilang,,, gimana solusi ya,,, mohon bantuannya om... Trims
Comment Author Avatar
3s saya ga ilang 4G.. barusan banget di update ke versi terbaru
Comment Author Avatar
Mas tolong bantuannya,ketika saya beralih ke 4G LTE jaringan saya down (panggilan darurat)
Comment Author Avatar
Mas tolong bantuannya,ketika saya beralih ke 4G LTE jaringan saya down (panggilan darurat)
Comment Author Avatar
Gan mhn solusi nya rom miui berapa yg aman buat 4g redmi 3s, soalnya hp sy jg sama 4g nya ga bisa pdhl emei ada sinyal cuma 2G doang yg bisa, klo dipindahin preferd 4G malah silang
Comment Author Avatar
Hp sya xiomi note 3 gak bisa buat 4g miui nya 8 mau kembali ke miui 7 gimana caranya??
Comment Author Avatar
Aku mau naya gi mana Cara menguba jaringan 3g menjadi 4g hp siomi red mi 3 pro Miu 9,5,6,0 mohon jaw
Comment Author Avatar
mohon banget minta di bantu hp saya xiaomi redmi note 3 jaringan 4 hilang cara mengembalikan sinyal 4G gimana Gan
Comment Author Avatar
Untuk yang sudah lock jaringan 4g pastikan bahwa anda berada di area jangkauan 4g jaringan seluler yang di pakai. Dan kartu yang di pakai juga sudah support 4g
Comment Author Avatar
Untuk cara Downgrade miui nanti akan saya jelaskan di artikel berikutnya untuk sementara silahkan anda googling dulu
Comment Author Avatar
Bagi yang kehilangan jaringan 4g pada xiaomi nya, silahkan anda Downgrade versi miui nya ke versi 7
Comment Author Avatar
Kok sya gak berhasil ngikutin cara 1 cara 2 gmnya solusinya jaringan sya 4g nya hilang
Comment Author Avatar
Cara 1 coba buka dengan menekan tombol panggilan *#*#4636#*#*
Comment Author Avatar
Apakah update MIUI 10 bisa menghilangkan jaringan 4G LTE pada redmi 3s?
Comment Author Avatar
Iya gan, redmi 3s jika upgrade ke miui10 jaringan 4g LTE nya tidak muncul
Comment Author Avatar
Xiaomi 4A saya gk dpt sinyal 4G di di desa saya bahkan di bawah tower sekalipun,pdhl di hp yg lain sinyal 4G full,Tapi kalau saya coba desa lain bisa dpt sinya 4Gnya. Mohon solusinya gan...
Comment Author Avatar
Cara munculnya sinyal yg hilang gmna

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang di posting pada halaman.

Terimakasih..