IKLAN DISPLAY 1

INILAH VERSI TERBARU SISTEM OPERASI ANDROID (PIE) DAN KELEBIHAN NYA

Setiap tahunnya, sistem operasi pada perangkat android senantiasa di lakukan pembaruan versi. Dan sebagai versi terbaru nya adalah versi 9.0 atau Android Pie.

Untuk versi generasi sebelumnya yaitu:
  • Android Alpha
  • Android Betam
  • Android Cupcake
  • Android Doughnut
  • Android Éclair
  • Android Froyo
  • Android Gingerbread dan 
  • Android Honey Comb.

Pada masa versi tersebut pengguna smartphone android masih jarang sekali.
Kemudian di rilis lagi versi selanjutnya di mana pengguna android ini sudah mulai ramai yaitu :
  • Android Ice Cream Sandwhich
  • Android Jelly Bean
  • Android Kitkat, Lolipop
  • Android marshmallow
  • Android Nougat dan 
  • Android Oreo.

Dan versi terbaru adalah android pie yang kita ulas pada artikel ini.  Kelebihan sistem operasi ini terdapat pada adaptif baterai yang ditanami Al untuk mengelola baterai menjadi lebih awet. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat menggunakan perangkat lebih lama.

Teknologi buatan ini akan mengenali aplikasi apa saja yang dibuka sehingga perangkat akan menyalurkan daya baterai lebih sedikit. Aplikasi yang jarang dibuka akan kompres penggunaan baterainya.

Berikutnya terdapat User surface. Perubahan tampilan pada sistem operasi ini tidak terlalu signifikan dibanding pendahulunya. Yang berbeda adalah ikon pengaturan yang lebih berwarna dan ada beberapa tambahan animasi yang membuatnya menarik. Selain itu, desain pinggiran ikon ada dibuat melengkung.

Menurut ahli psikologis, masyarakat sudah kecanduan dengan gadget. Hal ini mendasari dicetuskannya digital WellBeing. Fitur ini mencegah manusia diperbudak oleh gadget.

Selain itu, terdapat mode wind down yang berfungsi untuk memberikan peringatan supaya pengguna beristirahat dan tidak berlebihan memakai perangkat. Fitur yang selanjutnya ialah 'Apps Action' yang mempermudah melakukan tugas sehari-hari pada waktu yang bersamaan.

Selain itu juga terdapat notch pada ponsel yang menggunakan sistem ini. Walaupun notch menjadi tren untuk ponsel hing-end namun banyak juga yang tidak suka karena menganggap hal ini mengganggu.

Oleh sebab itu pada sistem operasi ini, akan ada fitur cut out. Hal ini berfungsi untuk memastikan aplikasi tidak terpotong notch. Kemudian, ada Fitur Quick Text Selection, yang berfungsi untuk multitasking. Fitur ini memungkinkan untuk dapat memilih dan menyalin beberapa teks untuk dibagikan pada aplikasi lain. Kelebihan lain dari sistem operasi ini ialah keamanan yang lebih aman.

Berbeda dengan sistem operasi sebelumnya, sistem operasi ini memungkinkan untuk melakukan semua transaksi dalam satu perangkat saja. Fitur ini membutuhkan penukaran data pengguna ponsel namun untuk beberapa hal seperti kamera, sensor dan mikrofon dibatasi hak aksesnya. 

Terakhir adalah fitur Slices. Fitur ini menampilkan informasi yang relevan dari suau aplikasi jika diperlukan. Hal ini akan memberikan pengalalman layar yang benar-benar penuh.

Sedangkan kekurangan sistem operasi ini adalah perpindahan tombol pengaturan di notificatition. Tombol pengaturan dipindahkan ke bawah sehingga perlu menggeser layar kebawah 2x baru bisa menemukannya. Bisa dibilang pembaruan yang dihadirkan oleh sistem operasi ini masih setengah matang sehingga terkadang menjadi lebih lambat.

#Perangkat Xiaomi yang Menggunakan Android Pie


Android Pie pada ponsel xiaomi akan diterapkan besar-besaran besar-besaran pada tahun ini. Brand ini suah meliris daftar tipe ponsel apa saja yang akan mendapatkan pembaruan lewat halaman resminya.

Sebelumnya, perangkat ini masih menggunakan sistemoperasi lawas seperti Redmi 5, Redmi 5A, dan Redmi 5 Plus. Kendati demikian, pihak brand ini juga memutuskan untuk tidak memberikan banyak pembaruan pada perangkat yang sudah lama.
Namun, ada juga beberapa ponsel yang masih menerima pembaruan seperti Mi Mix, Mi Mix 2, dan Mi Note 2. Pembaruan ini akan digelontorkan lewat update OTA (Over The Air). Pengguna bisa melakukan pembaruan lewat menu software setting dan menekan tombol upgrade.

Walaupun begitu, pabrikan ini belum bisa memberi penjelasana kapan pembaruan besar ini mulai dilakukan. Kemungkinan besar pembaruan ini sudah dirilis pada pertengahan bulan November sampai akhir Desember tahun lalu.
Perangkat yang sudah mengalami pembaruan ialah jenis Mi MIX 2S, Mi 8, dan Mi 8 Explorer. Sedangkan perangkat yang masih mengunggu pembaruan ialah tipe Mi 8 SE, Mi 8 Pro, dan Mi Max 3. Rencananya ketiga ponsel tersebut akan diganti sistem operasinya pada akhir kuartal tahun ini. 

Namun, tipe Mi 6x yang notabennya tergolong baru dirilis belum diketahui akan menerima pembaruan sistem operasi atau tidak.

#Perangkat Samsung yang menggunakan Android Pie



Android Pie pada ponsel Samsung akan dirilis mulai Januari 2019. Pabrikan ini akan mulai menggulirkan sistem operasi setelah melakukan uji coba beta selama beberapa minggu.

Ponsel yang mendapatkan jatah pertama ialah galaxy s9 dan s9+. Selain Galaxy S9, ada juga sejumlah tipe lain yang akan dikirimi mendapatkan sistem operasi ini.
Setelah Galaxy S9 dan S9+, galaxy note 9 juga akan menerima pembaruan pada bulan Februari 2019. Selanjutnya, pada bulan Maret 2019 Galaxy s8 dan Galaxu Note 8 akan ikut 'mencicipi' sistem terbaru ini.

Namun tidak semua ponsel mendapatkan pembaruan, seperti Galaxy S7 dan S7 Edge yang harus absen. Kedua tipe ini tidak kebagian karena sudah dapat dua jatah pembaruan besar dari sistem operasi sebelumnya. Beberapa tipe dari brand ponsel ini yang akan mengalami pembaruan sistem operasi pada bulan Februari adalah Galaxy Note 9. 

Sedangkan pada bulan Maret 2019 adalah Galaxy S8, Galaxy S8+ dan Galaxy Note 8. Pada April 2019 giliran Galaxy A8 dan A8+ 2018, Galaxy A7 dan A9 2018 serta Galaxy Tab S4 10.5. Pada bulan Mei 2019 ada Galaxy J4, Galaxy J4+, Galaxy J6, Galaxy J6+ dan Galaxy A8 Star.
Selanjutnya pertenaghan tahun yaitu Juli 2019, tipe Galaxy J7 2017 yang akan diagnti sistem operasinya. Pada bulan Agustus 2019 Galaxy J7 Duo yang akan melakukan penggantian.

Sementara pada bulan September 2019 Galaxy Xcover4, Galaxy J3 2017 dan Galaxy Tab S3 9.7 yang akan diganti. Terakhir pada Oktober 2019 yang mengantri adalah Galaxy Tab A 2017, Galaxy Tab Active2 dan Galaxy Tab A 10.5.

#Perangkat Asus yang menggunakan Android Pie


Android Pie pada ponsel Asus akan segera dilakukan pada seri zenfone 5. Pada bulan Desember tahun lalu, sistem pembaruan ini telah dinikmati oleh pengguna di Taiwan (kampung halaman brand ini). Pengguna ponsel zenfone 5, zenfone 5Z dan zenfone 5Q di Indonesia akan menikmati sistem operasi terbaru pada Januari 2019.
Selain sistem operasi yang baru, juga akan ada berbagai fitur baru yang menarik untuk dicoba. Jimmy Lin sebagai country manager di Indonesia menjelaskan bahwa semua pengguna tipe tersebut bisa menjajal berbagai fitur setelah pembaruan.

Update sistem ini akan dilakukan otomatis melalui FOTA atau firmware over the air. Pengguna seri zenfone 5 akan secara otomatis update sistem operasi ini. Pembaruan ini bisa dilakukan dengan cara mengunduh langsung dan memulai proses instalasi.
Setelah update selesai maka akan muncul notifikasi update. Setelah itu, pembaruan akan berlangsung beberapa menit dan perangkat akan me-restart sebanyak dua kali. Jika nantinya tidak ditemui notifikasi update.

Pengguna bisa melakukan update secara manual. Lewat metode otomatis dan manual, dapat dipastikan pengguna seri zenfone 5 akan menikmati sistem operasi Android Pie yang baru.

Posting Komentar untuk "INILAH VERSI TERBARU SISTEM OPERASI ANDROID (PIE) DAN KELEBIHAN NYA "