IKLAN DISPLAY 1

BARU!!! CARA MEMBUAT ARANSEMEN LAGU SMULE LEWAT HP

Pengertian Aransemen Lagu Smule?

Seperti kita tahu, untuk bernyanyi karaoke online di smule kita membutuhkan sebuah lagu karaoke yang sudah di aransemen khusus untuk pengguna smule.

Lagu aransemen ini sudah di rancang sedemikian rupa, sehingga bisa di nyanyikan untuk solo, duet, atau grup (bernyanyi beramai-ramai). Karena di dalam lagu karaoke tersebut sudah di ikuti teks lirik lagu.

Timing dan bagian dimana penyanyi 1 atau penyanyi 2 mulai bernyanyi pun sudah di sesuaikan, sehingga jika lagu ini di nyanyikan secara duet si kedua penyanyi tidak akan merasa kesulitan dalam bernyanyi secara bergantian karena  sudah ada bagian masing-masing.

Lagu aransemen seperti ini sudah di sediakan lengkap oleh pihak smule, kita tinggal mengetik lagu aransemen yang kita cari di form pencarian, lagu yang kita cari akan muncul di sana dengan banyak versi.

Kita tinggal memilih lagu aransemen versi mana yang kita sukai. Dan hebatnya, lagu apapun yang kita cari di smule ini, semua tersedia di sana.


Dan tahukah anda, kalau sebenarnya kita pun bisa membuat lagu aransemen sendiri dan bisa di Upload ke songbook smule.

Lagu hasil aransemen yang sudah di Upload ke songbook smule kita ini pun bisa di gunakan oleh pengguna smule di seluruh dunia.

Mengagumkan bukan Keuntungan lain bisa mengaransemen lagu di smule, akun smule akan lebih cepat mendapatkan banyak pengikut atau followers.



2 Cara  Membuat Aransemen Lagu Smule 

Untuk membuat aransemen lagu atau Upload lagu smule bisa di lakukan dengan 2 cara yaitu:

  • aransemen menggunakan komputer (pc) atau laptop, ini merupakan cara lama, cara yang di lakukan secara umum.

  • aransemen tanpa pc atau tanpa laptop  dengan menggunakan hp baik lewat hp dengan sistem operasi android atau pun lewat hp dengan sistem operasi iPhone (apple) ini termasuk cara baru.

Karena seperti kita tahu bahwa untuk melakukan aransemen lagu smule hanya bisa di lakukan lewat komputer atau laptop.

Sedangkan untuk aransemen lagu smule lewat hp ada cara tersendiri untuk melakukan nya. Untuk melakukan nya bukan melalui aplikasi sing by smule, tapi melalui website smule memakai aplikasi browser internet di hp.

Contoh aplikasi browser internet yang bisa di pakai untuk aransemen lagu smule lewat hp adalah
  • Chrome
  • Firefox
  • Pufin browser
  • Opera browser
  • Uc browser dll.

Tapi menurut saya dari sekian banyak aplikasi browser tersebut, yang paling mudah dan praktis di gunakan untuk mengaransemen lagu smule adalah aplikasi chrome.

Saya sudah membuat banyak aransemen lagu di smule dan saya melakukan nya lewat aplikasi browser chrome ini.

Kalau anda ingin mencoba lagu aransemen saya, yang sudah saya Upload ke songbook silahkan anda buka akun smule saya @S1B_febry_VSFI

Lihat di kolom song(lagu) jika anda buka smule lewat web. Dan lihat di kolom tampilkan undangan jika anda buka smule lewat aplikasi.

Atau anda juga mencari di kolom pencarian smule dengan mengetik kata kunci nama akun smule saya yaitu S1B_febry_VSFI


Bahan-Bahan untuk Membuat  Aransemen Lagu Smule Menggunakan HP 

Bahan dan alat yang wajib di sediakan untuk proses aransemen lagu smule adalah :

  • Lagu versi karaoke format lagunya bisa mp3 atau m4a.


    Silahkan cari lagu tersebut di google search. Kalau sudah ketemu silahkan simpan dan buatlah folder sendiri di penyimpanan handphone. untuk memudahkan proses agar tidak bingung mencari file lagu tersebut. 

  • Gambar atau foto untuk cover lagu.


    Cari di google search lalu unduh, dan untuk memudahkan proses silahkan simpan gambar tersebut jadi satu dengan lagu versi karaoke yang sudah di unduh tadi dalam satu folder.

  • Lirik lagu atau teks lagu.


    Kita bisa saja mengetik secara manual lirik lagu tersebut tapi proses menjadi agak lama dan bisa menguras tenaga jari kita 😀. Untuk memudahkan cari saja di google search lirik lagu tersebut, lalu tinggal di copy saja.

    instal aplikasi notepad untuk memudahkan kita mengedit lirik lagu tersebut. Lirik lagu yang sudah di copi tadi, paste kan di notepad dan silahkan di edit sesuai keinginan.

    Misalnya di awal atau di akhir lirik bisa kita tambah dengan kata-kata contoh di awal lirik kita tulis : aransemen by @S1B_febry_VSFI

  • Aplikasi browser internet.


    Di sini saya memakai aplikasi chrome. Pengoperasian nya lebih mudah dan jarang gagal untuk proses aransemen sebuah lagu. 


Berikut Ini Langkah Membuat  Aransemen Lagu Smule Menggunakan HP

Cara ini bisa di lakukan di hp android dan juga hp iphone (apple).


dalam mengaransemen sebuah lagu, kita harus tahu atau hafal lagu tersebut. Walaupun tidak seberapa hafal, setidaknya kita tahu lagu tersebut sehingga tidak akan terjadi kekeliruan dalam mengambil timing.

Artinya pada saat lagu tersebut di putar lirik lagu yang berjalan di layar harus pas dengan lagu tersebut. Tidak terjadi telat, atau mendahului musik nya.


Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut, silahkan di simak dan di baca dengan teliti;

  • Buka aplikasi chrome di hp anda,  lalu cari website smule atau ketik alamat www.smule.com setelah itu login ke smule dengan akun anda.

  • Setelah berhasil login sekarang ubah tampilan browser chrome ke tampilan desktop.
    Caranya buka pengaturan atau tekan titik 3 di pojok kanan atas di browser chrome lalu centang pilihan "ubah situs desktop"

  • Setelah browser menjadi tampilan dekstop klik tanda panah keatas. posisi tombol panah keatas ini berada di samping gambar kecil profil kita. di menu navigasi website smule pada bagian atas.

  • Akan ada 2 pilihan "freestyle" dan "songbook" pilih saja "songbook"

  • Pilih "select file" cari file lagu karaoke yang sudah di simpan tadi, lalu pilih file tersebut. Proses ini otomatis akan meng upload file tersebut.

    Lihat status bar berwarna hijau akan berjalan, jika bar berwarna hijau sudah sampai ke ujung sebelah kanan, artinya Upload sudah selesai. 

  • Selanjutnya isi judul lagu dan penyanyi di kolom masing-masing. Jika sudah tekan tombol  next atau berikutnya di sebelah kanan atas. 

  • Pada halaman selanjutnya isi taq / kata kunci, di kolom yang di sediakan. Letaknya di atas tulisan lyric.

    Ini tujuannya bila pengguna smule mengetik kata kunci tersebut di pencarian lagu, lagu anda akan muncul di pencarian pada smule pengguna tersebut.

    Tulis taq sebanyak mungkin agar lagu anda berpeluang besar di temukan dan gunakan kata kunci yang di perkirakan banyak di pakai orang.Pisahkan dengan koma untuk setiap taq.

    Contoh; pop, popindo, tophits,

  • Setelah itu tekan tombol "choose image" untuk meng upload gambar sebagai cover.

    Cari gambar yang sudah di simpan tadi, lalu pilih bila sudah tekan done. Setelah itu centang kotak "terms and service" selanjutnya ketuk next / berikutnya. 

  • Selanjutnya memasukan lirik lagu , copi lirik lagu yang sudah di edit di notepad lalu pastekan / tempelkan di halaman pengisian lirik ini.

    cek kembali dan pastikan lirik lagu ini tidak ada kata-kata yang salah.

    Setelah lirik lagu di pastekan disebelah kanan lirik lagu tersebut akan muncul susunan baris tombol berbentuk kotak-kotak.

    Tombol kotak-kotak tersebut terdiri dari 2 kolom mendatar, sedangkan jumlah kolom ke bawah  menyesuaikan jumlah baris ke bawah lirik lagu yang di pastekan tadi.

    Tombol ini fungsinya untuk menentukan pembagian baris lirik yang di nyanyikan antara penyanyi 1 dan penyanyi 2. Kolom kiri adalah bagian baris yang di nyanyikan penyanyi 1 dan kolom 2 adalah bagian baris yang di nyanyikan penyanyi 2.

    Fungsi Kolom tersebut adalah:

    • Jika sebuah baris lirik lagu tersebut di jatah kan untuk di nyanyikan oleh penyanyi 1,maka kita ketuk kolom yang sebelah kiri, dan ambil kolom yang sejajar dengan baris lirik tersebut.


    • Dan sebaliknya jika baris lirik tersebut di jatah kan untuk di nyanyikan oleh penyanyi 2, maka kita ketuk tombol pada kolom kanan.


    • Dan jika baris lirik tersebut di jatah kan untuk kedua penyanyi atau untuk duet, maka ketuk tombol kanan dan kiri.


    Tombol yang di tekan akan berwarna biru. Kalau anda masih bingung, silahkan anda baca berulang-ulang penjelasan ini dan langsung anda praktekan.

    Penting:

    • Untuk pembagian baris lirik yang akan di nyanyikan oleh penyanyi 1 dan penyanyi 2 terserah anda bagaimana pembagian nya. Sebaiknya jatah pembagian nya di ambil berdasarkan bait lagu.

      Misalnya:
      bait pertama di jatah kan untuk penyanyi 1, baru jatah yang di nyanyikan oleh penyanyi 2 di ambil bait lagu selanjutnya, nanti bait selanjutnya di jatah kan untuk penyanyi 1 lagi, begitu seterusnya secara bergantian.


    • Untuk variasi, pilih satu bait atau beberapa untuk di jatahkan di nyanyikan oleh kedua penyanyi secara bersamaan.


    Jangan takut salah, dan jangan takut mencoba pada langkah ini, karena walau lagu hasil aransemen sudah jadi, kita masih bisa meng edit lagi proses di langkah ini dan yang terakhir nanti ini sewaktu-waktu.

    Jadi kita masih bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi.
    Kalau sudah selesai proses bagian lirik ini, selanjutnya tekan tombol next. 


  • Langkah terakhir adalah proses timing lirik lagu.

    Untuk menyesuaikan lirik lagu yang tampil di layar handphone.Saat lagu di putar di aplikasi smule bisa pas atau tepat waktunya saat di nyanyikan dengan musik dari lagu yang di aransemen.

    Langkah ini terbilang agak sedikit rumit. Harus butuh konsentrasi penuh dan butuh ketelitian. Jangan sampai timing lirik lagu terlambat atau mendahului musik.

    Berikut ini cara melakukan timing lirik:
    • Pertama-tama klik tulisan intro, musik dari lagu yang di aransemen akan terputar otomatis.

    • Seiring musik berputar kita ketuk setiap barisan teks dari lirik lagu, disini kita harus benar-benar konsentrasi mendengarkan musik lagu tersebut. Agar konsentrasi tidak terganggu, sebaiknya memakai headset.

      Sambil mendengarkan musik dari lagu tersebut, jika lirik tersebut sudah waktunya di nyanyikan segera ketuk barisan teks dari lirik itu. Usahakan jangan ketinggalan atau jangan mendahului musik. Begitu seterusnya sampai lagu berakhir.

      Kita harus tepat mengatur timing, agar lirik yang di tampilkan nantinya pada saat lagu hasil aransemen di putar, bisa benar-benar selaras dengan musik nya.

    • Jika sudah selesai anda bisa preview / pratinjau terlebih dahulu hasil timing nya.

      tombol pilihan nya ada di bagian akhir proses timing tadi. Cek lagi apakah ada bagian timing yang kurang tepat.

      Jika timing sudah benar-benar tepat, selanjutnya ketuk tombol "save" selesai.

  • Proses selesai. Dan lagu hasil aransemen ini akan otomatis ter upload dan tersimpan di songbook smule. 

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video tutorial nya berikut ini dan jika ingin menggunakan jasa kami untuk membuat kan aransemen lagu smule silahkan chat wa 082281027564 :



Selanjutnya coba cek lagu hasil aransemen nya.

silahkan login ke aplikasi smule, buka profil, lagu hasil aransemen akan tampil di kolom tampilkan undangan. Coba putar lagu tersebut, dan lihat hasilnya.

Sekalian kita buat oc aransemen tersebut agar kita bisa benar-benar mengecek hasilnya dan mempromosikan lagu hasil aransemen kita kepada teman-teman.

Dan setelah rekaman kita sudah jadi, kalau anda mau anda juga bisa menyimpan rekaman smule ke galeri .

Demikian tutorial lengkap dari saya mengenai bagaimana cara membuat aransemen lagu smule menggunakan hp Semoga anda tidak mengalami kesulitan.

Jangan lupa follow akun smule saya @S1B_febry_VSFI nanti akan saya follow back. Terimakasih.. Salam satu jiwa.

Untuk tips smule lainnya dan bagaimana cara mendapatkan vip smule secara mudah dan murah silahkan kunjungi blog partner saya Caravipsmule.blogspot.com


37 komentar untuk "BARU!!! CARA MEMBUAT ARANSEMEN LAGU SMULE LEWAT HP "

Comment Author Avatar
mantap gan, sangat membantu. saya sekarang udah bisa bikin aransemen sendiri. thank y
Comment Author Avatar
oke +monster id,,
terimakasih kembali..
Comment Author Avatar
hello androw,, ada yg bsa sya bantu?
Comment Author Avatar
Gan bikin aransemen yg isi not balok berjalan sesuai timing lirik lagu itu bagaimana caranya gan? Semua songbook yg saya aransemen tidak berisi not balok tersebut.. Mohon petunjuknya.. Terimakasih
Comment Author Avatar
gan mau save kok tulisan save nya g biru ya jadi g bisa di klik.
itu kenapa gan.
mohon pencelasan nya. trimakasih sebelum nya..
Comment Author Avatar
gan kl edit timing ngedit salah 1 bagian yg telat atau lambat itu gimna cara nya. saya bolak balik edit timing tp ttep harus dari awal. apa g bisa kita edit bagaian yg ga pas aja apa emang harus ulang dari atas lg. mohon bantuan nya gan. trimakasih
Comment Author Avatar
+Dunee Yandi terimakasih atas kunjungan nya, untuk lebih jelasnya silahkan tonton videonya di channel youtube saya gan. Lihat di akhir artikel .
Comment Author Avatar
Proses upload mp3 apa emang agak lama ya min ???
Comment Author Avatar
lukman andriyanto iya, dan itu tergantung kecepatan jaringan yang di gunakan
Comment Author Avatar
Gan salken dari saya ini ada keluhan gan kalau waktu kita upload cover pasti keluar peringatan chrome telah berhenti, dan gagal gimana solusinya gan mohon petunjuk ������
Comment Author Avatar
Anonim Mei 12, 2018
Ko ane selalu gagal ya, pas masuk file Lagunya selalu Ada tulisan "wait a minute! Please select a valid audio file" padahal ane udah Bener filenya, udah ane coba pake file2 lain selalu Sama gan
Comment Author Avatar
Kadang ada mp3 tu ga da versi karaoke ny bg

Jdi gimana solusi ny utk menghilangkan suara asli(vikal)penyanyi
Comment Author Avatar
Hello gan, kebetulan mp3 karaoke saya olah sendiri via aplikasi donin. Semua format sudah tepat dan standard. Begitu mau saya buat song book via chrome file tidak di dukung. Masalah kira2 apa ya...?
Trims sblmnya....
Comment Author Avatar
Terimakasih pencerahanya
Comment Author Avatar
Saya coba bikin song boox tapi di saat unggah lagu sllu di tolak dan katanya coba ganti file lain ,stelah ganti lagu lain kok tetep sama aja di tolak , mohon pencerahannya kang trm ksh.
Comment Author Avatar
Saya coba bikin song boox tapi di saat unggah lagu sllu di tolak dan katanya coba ganti file lain ,stelah ganti lagu lain kok tetep sama aja di tolak , mohon pencerahannya kang trm ksh.
Comment Author Avatar
Kok yg saya nggak bisa ngesave ya? Mohon saran nya
Comment Author Avatar
Maaf klo bikin SB medley gmn caranya gan?
Comment Author Avatar
Thank AQ dah try...tp time save knpa gak ngerti saave ya..tapi putar ulang lagu tu..
Comment Author Avatar
Cara sprt ini kayaknya dari dulu jg bisa...

Yg pengen saya tanya cara buat garis2 berjalan (notase garis ikut vocal) itu bisa gak pakai android. Kalo bisa, tolong ksh tau caranya...
Comment Author Avatar
Aneh...
Begitu ganti ponsel, sblmnya pakai samsung note 3 (sdh di root) lancar2 saja buat songbook. Ehhh ganti hp samsung note 8, asyik infonya seperti ini;

"wait a minute! Please select a valid audio file"

Apakah ponsel yg di root baru bisa buat songbook di smule...?
Kalo ya, makin males saya pakai smule untuk bengak bengok...
Comment Author Avatar
Assalamualaikum.
Saya baru mau coba belajar buat arasmen.. Yg saya tanyakan ambil musiknya gimana??
Yg saya baca hya file musik. Pp .timing Dan bagian masing masing mohon oencerahanya trimksh
Comment Author Avatar
Terimakasih sudah berkunjung di blog saya,
Maaf yg sudah bertanya kepada sebelumnya saya terlambat merespon di karenakan sya masih banyak kesibukan sehingga tdk sempat membalas 🙏.bagi yg ingin bertanya silahkan anda berkomentar ulang. Mudah2an saya bisa fast respon 😄😄 terimakasih
Comment Author Avatar
вagaιмana cara мerυвaн ѕιтυѕ ĸe deĸѕтop..
jιĸa мenggυnaĸan ιpнone?
ĸl мeмaĸaι androιd aĸυн ѕdн вιѕa υploade ѕongвooĸ ĸaĸ..тp q paĸeĸ ιpнone вlм вιѕa..ĸrn ѕιтυѕnya gĸ вιѕa ĸe ѕιтυѕ deĸѕтop..
тнanĸѕ penceraнannya 🙏🙏🙏
ιd ѕмυle aĸυ @AngeLZahra_ReBeL
Comment Author Avatar
Buka chrome di iPhone, klik pengaturan di pojok kanan atas lalu klik request situs desktop. Klo kesulitan instal aja aplikasi pufin browser, proses nya sama yaitu di pengaturan centang request situs desktop.
Comment Author Avatar
Mantap gan... Bagi informasi yang manfaat dan berguna
...
Comment Author Avatar
Thank gan, sudah berkunjung
Comment Author Avatar
Anonim Juni 11, 2019
Ini mah namanya bukan arrangement musik sendiri brow...lebih tepat nya membuat soongbook sendiri di smule..klo buat arrangement musik ya kita bikin musik nya..atau minimal remove bag voc nya
Comment Author Avatar
Kok gk bisa ke save knp y bang warna tulisan save buram
Comment Author Avatar
Kok gk bisa ke save y bang,warna tulisan save buram
Comment Author Avatar
Proses timing nya blm pas gan, coba di ulang lagi
Comment Author Avatar
Cara bikin aransemen di smulle
Comment Author Avatar
Mantap kisanak, sukses selalu ya
Comment Author Avatar
CARA VIP SMULE, oke terimakasih sudah berkunjung

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik yang di posting pada halaman.

Terimakasih..