IKLAN DISPLAY 1

Smartphone Sering Lowbat Ketika Berpergian? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Siapa sih yang bisa hidup tanpa smartphone? Di jaman serba maju ini, smartphone adalah salah satu gadget yang bisa dibilang tidak boleh ketinggalan. Hampir setiap orang membawa smartphonenya ketika berpergian dalam jarak dekat ataupun jauh, bahkan ketika ke kamar mandi sekalipun.

Peran smartphone yang penting ini tidak terlepas dari banyaknya hal yang bisa Anda lakukan dengan mudah hanya dengan bermodalkan smartphone, terlebih untuk berkomunikasi dengan orang lain.



Berbagai jenis smartphone pun bisa didapatkan dan spesifikasi yang berbeda atara satu smartphone dengan lainnya. Ketika punya smartphone pun Anda perlu merawatnya dengan telaten supaya tidak cepat rusak dan menyebabkan tabungan Anda terkuras karenanya.

Apabila Anda kurang punya waktu untuk merawat smartphone maka bisa timbul kerusakan sewaktu-waktu. Berbagai masalah smartphone pun juga beragam, salah satunya adalah baterai smartphone yang cepat habis. Apakah Anda juga pernah mengalami permasalahan satu ini?

Kecerobohan Anda Ternyata Bisa Menyebabkan Smartphone Cepat Lowbat, Inilah Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis


Smartphone yang tiba-tiba lowbat tentunya tidak ingin dialami oleh siapa saja, terutama ketika Anda sedang berpergian jarak jauh dan butuh untuk tetap berkomunikasi dengan orang lain. Untungnya saat ini banyak toko yang menyediakan stop kontak sehingga Anda bisa beristirahat sembari mengecharge smartphone dan melanjutkan kembali perjalanan.


Namun Anda perlu curiga jika baterai smartphone ini terus menerus habis dalam jangka waktu yang cepat. Biasanya baterai yang cepat habis ini menandakan jika ada yang salah dengan smartphone Anda. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan baterai smartphone cepat habis?

Nah berikut adalah beberapa hal yang memicu terkurasnya baterai smartphone:

  1. Charger smartphone yang bermasalah
  2. Ternyata penyebab baterai smartphone bukan hanya disebabkan oleh keadaan smartphone, namun juga bisa karena faktor eksternal seperti kondisi dari charger itu sendiri.

    Apabila charger Anda sudah bermasalah, maka baterai smartphone pun juga cenderung akan cepat habis atau membutuhkan waktu lama dalam pengisiannya. Sebaiknya Anda segera beli charger yang baru sebelum timbul kerusakan lainnya pada smartphone kesayangan.

  3. Banyaknya aplikasi “pemakan baterai"
  4. Banyaknya aplikasi yang ada di smartphone Anda ternyata juga bisa memakan banyak baterai lho! Biasanya aplikasi yang memakan banyak tempat serta baterai adalah berbagai game online, terlebih jika Anda lupa keluar dari game tersebut meskipun sudah tidak memainkannya lagi.

    Apabila kebiasaan ini terus terulang, jangan salahkan jika baterai smartphone pun juga akan cepat habis. Selain game, Anda juga perlu memastikan apakah ada aplikasi lain yang memang mengonsumsi banyak baterai melalui menu Settings. Tidak ada salahnya untuk mencopot pemaangan aplikasi tersebut sebelum smartphone benar-benar rusak.

  5. Baterai smartphone yang sudah usang
  6. Umur pemakaian smartphone ternyata juga mempengaruhi daya baterai smartphone tersebut lho! Baterai smartphone yang bermasalah ini biasanya terjadi ketika smartphone sudah memasuki usia pemakaian satu tahun ke atas. Anda bisa beli baterai baru untuk mengganti baterai bawaan yang sudah rusak untuk meminimalisir smartphone kembali nge-drop di lain waktu.

  7. Fitur Auto-Brightness yang aktif
  8. Fitur smartphone lainnya yang juga memicu baterai cepat habis adalah aktifnya fitur Auto-Brightness. Rasa malas Anda untuk mengatur sendiri tingkat kecerahan layar smartphone ternyata bisa menyedot baterai dan akan merugikan diri Anda sendiri. Oleh sebab itulah sebaiknya Anda segera menonaktifkan fitur ini dan mengatur tingkat kecerahan layar seperlunya.

Apabila Baterai Smartphone Cepat Habis, Ini Tips Untuk Menghemat Baterai Smartphone yang Bisa Dicoba


Pastinya sudah lebih paham kan apa saja yang ternyata menyebabkan baterai smartphone cepat terkuras? Apakah ini saatnya Anda untuk beralih ke baterai atau bahkan smartphone baru apabila baterai smartphone memang sudah tidak bisa berfungsi seperti sedia kala? Eits tunggu dulu! Ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk bisa menghemat baterai supaya tidak ada lagi baterai yang tiba-tiba ngedrop atau bahkan mati.

Nah berikut adalah beberapa tips menghemat baterai smartphone yang bisa Anda coba:

  • Tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan
  • Penggunaan aplikasi smartphone secara berlebihan akan menguras baterai smartphone bahkan bisa menyebabkan baterai menjadi panas dan lama kelamaan smartphone pun bisa rusak karenanya.

    Oleh sebab itulah sebaiknya Anda perlu sering cek aplikasi apa saja yang berjalan dan tutup aplikasi yang sekiranya memang tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya Anda hanya mengaktifkan 2 hingga 3 aplikasi saja dalam sekali waktu.

  • Turunkan tingkat kecerahan layar smartphone
  • Siapa sangka jika tingkat kecerahan layar juga menyebabkan baterai cepat terkuras? Sebaiknya Anda hanya menggunakan tingkat kecerahan layar seperlunya saja karena sinar yang terlalu terang juga akan membuat Anda tidak nyaman selama menggunakan smartphone. Anda bisa mengatur tingkat kecerahan ini secara manual melalui menu Settings.

  • Gunakan aplikasi Ad Blocker
  • Banyaknya iklan yang bermunculan di smartphone juga sering menyebabkan baterai smartphone cepat terkuras. Iklan ini biasanya muncul ketika Anda mengakses situs yang tidak safety dan bisa jadi justru membawa virus ke smartphone. Untuk meminimalisir hal ini terjadi, tidak ada salahnya untuk memasang aplikasi penangkal iklan alias Ad Blocker yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

  • Non aktifkan notifikasi yang tidak penting
  • Sering kali Anda membiarkan saja notifikasi dari beberapa aplikasi karena dianggap tidak penting. Namun semakin banyak notifikasi yang Anda dapat justru menyebabkan baterai smartphone juga cepat terkuras. Oleh sebab itulah sebaiknya Anda mengatur ulang apa saja aplikasi yang segera memberikan notifikasi dan tunda notifikasi dari aplikasi lainnya yang Anda anggap tidak penting.

Baterai Smartphone Masih Cepat Habis? Melakukan Flash Pada Smartphone Bisa Jadi Solusinya


Nah pastinya sekarang sudah tidak bingung lagi kan bagaimana cara yang tepat untuk menghemat baterai smartphone kesayangan? Namun apa yang harus dilakukan apabila baterai juga masih cepat habis meskipun sudah melakukan tips yang disebutkan barusan? Sebelum membawa smartphone ke tempat service, tidak ada salahnya Anda melakukan hard reset terlebih dahulu.

Hard reset bisa di lakukan dengan dua cara yaitu :

  • Melalui pengaturan atau setting di dalam menu handphone
  • Buka menu pengaturan, cari menu factory reset / kembali ke pengaturan pabrik. Kemudian klik menu tersebut. Proses factory reset ini biasanya membutuhkan waktu selama beberapa menit. Umumnya proses ini memakan waktu sekitar 10 menit.

  • Melalui menu recovery mode
  • Matikan android, tekan tombol volume atas atau volume bawah bersama dengan tombol power. Setiap tipe handphone android caranya berbeda-beda.

Setelah handphone menyala segera lepaskan kedua tombol tersebut. Anda akan masuk ke menu recovery mode, lalu cari dan klik menu kembali ke pengaturan pabrik / factory reset dan sebagainya tergantung tipe handphone android anda.

Selesainya proses hard reset ini ditandai dengan smartphone merestart atau memulai ulang.

Anda pun bisa menggunakan smartphone kembali seperti sedia kala. Mudah bukan untuk melakukan hard reset pada smartphone android. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah untuk rutin mengecek kondisi smartphone terutama pada bagian baterai karena rentan rusak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Smartphone Sering Lowbat Ketika Berpergian? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya!"