IKLAN DISPLAY 1

Aplikasi di Smartphone Sering Kali Tidak Berfungsi? Virus Bisa Menjadi Penyebabnya!


Smartphone adalah salah satu gadget yang bisa dibilang tidak terlepas dari keseharian Anda. Tidak jarang orang yang memiliki lebih dari satu smartphone di mana antara satu smartphone dengan lainnya digunakan untuk kepentingan yang berbeda-beda. Smartphone memudahkan Anda dalam banyak hal, terutama untuk hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan ataupun komunikasi dengan orang lain.

Ketika punya smartphone pun perlu Anda ingat untuk merawatnya dengan telaten supaya bisa awet alias digunakan dalam jangka waktu beberapa bulan. Pastinya tidak ada yang mau kan smartphone cepat rusak padahal barusan beli? Meskipun begitu, Anda juga perlu tahu beberapa masalah yang sering terjadi di smartphone, salah satunya adalah aplikasi yang sering tiba-tiba berhenti beroperasi. Apakah Anda pernah mengalami kejadian satu ini?

Cara Ini Bisa Segera Anda Lakukan Apabila Aplikasi Tiba-Tiba Berhenti Beroperasi

Aplikasi yang tiba-tiba berhenti sendiri alias tidak bisa digunakan ini tentunya akan mengganggu kegiatan Anda. Terlebih jika insiden ini terjadi beberapa kali pada smartphone kesayangan, pastinya akan membuat Anda jengkel bukan? Aplikasi yang berhenti beroperasi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya saja karena memori RAM smartphone yang sudah penuh. Bisa juga karena file cache yang sudah menumpuk ataupun sistem operasi yang tidak kompatibel dengan aplikasi.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk menangani permasalahan satu ini? Apakah ini tandanya jika smartphone perlu segera dibawa ke tempat service terdekat? Nah sebelum Anda membawa smartphone kesayangan ke tangan teknisi, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa langkah berikut yang sekiranya bisa mengatasi aplikasi Android yang tiba-tiba berhenti beroperasi:
  • Install ulang aplikasi
Bisa jadi aplikasi yang berhenti beroperasi ini karena versinya yang sudah ketinggalan jaman alias perlu diupdate. Apabila Anda sudah melakukan update pada aplikasi yang bermasalah ini namun aplikasi tetap tidak mau dibuka, maka tidak ada salahnya untuk menginstal ulang aplikasi tersebut. Pastikan jika aplikasi yang Anda unduh ini memang sudah terjamin keamanannya sehingga tidak akan membawa virus ataupun malware pada smartphone.
  • Update sistem operasi
Bukan hanya aplikasinya saja yang perlu diupdate, Anda juga perlu mengupdate sistem operasi smartphone secara berkala. Biasanya akan ada notifikasi kapan sistem operasi perlu diperbarui dan Anda bisa melakukannya saat itu juga. Apabila paket data internet terbatas, maka sebaiknya Anda mengupdate sistem operasi ini di tempat yang menyediakan Wifi.
  • Membersihkan file cache aplikasi
Seperti yang disebutkan sebelumnya, file cache pada tiap aplikasi bisa menyebabkan aplikasi tersebut menutup sendiri alias tidak mau beroperasi. Apabila hal ini terjadi, maka Anda perlu segera membersihkan file cache tersebut dari Settings. Bisa juga Anda membersihkan data yang ada pada aplikasi supaya aplikasi tersebut bersih dengan sempurna.
  • Mencopot pemasangan aplikasi yang tidak diperlukan
Banyaknya aplikasi yang ada di smartphone Anda pastinya tidak bisa digunakan dalam waktu yang bersamaan. Semakin banyaknya aplikasi yang ada di smartphone Anda ternyata juga bisa menyebabkan kinerja aplikasi lainnya terganggu lho! Oleh itu sebaiknya Anda mencopot pemasangan aplikasi yang jarang digunakan untuk membuat ruang lebih pada smartphone kesayangan.

Unduh Aplikasi Berikut Untuk Mencegah Smartphone Kesayangan Terserang Virus

Nah sudah tidak bingung lagi kan bagaimana cara menangani aplikasi yang tiba-tiba berhenti? Nah selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa mengunduh beberapa aplikasi anti-virus untuk mencegah datangnya virus ke smartphone kesayangan. Virus ini juga bisa menyebabkan aplikasi berhenti beroperasi dan lama kelamaan bisa menyebabkan smartphone rusak.
Untuk meminimalisir hal ini terjadi, sebaiknya Anda mengunduh aplikasi anti-virus yang bisa didapatkan melalui Playstore. Bahkan terdapat beberapa aplikasi anti-virus yang gratis dengan fitur yang dijamin akan memuaskan Anda. Berikut adalah beberapa aplikasi anit-virus terbaik yang bisa Anda coba:
  • Avira Antivirus Security
Aplikasi anti-virus yang satu ini bukan hanya bisa digunakan pada smartphone namun juga PC. Kualitas aplikasi satu ini pun tidak perlu diragukan lagi karena foto, kontak, ataupun email Anda tidak akan hilang meksipun ada virus yang menyerang smartphone. Selain itu, Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dengan gratis sehingga tidak usah pusing  lagi memikirkan biayanya.
  • CM Security Master
Bagi Anda yang masih bingung aplikasi anti-virus apa yang fiturnya lengkap, maka tidak ada salahnya mencoba CM Security Master. Aplikasi satu ini dikenal akan berbagai fiturnya yang akan memuaskan Anda, seperti sudah ada pembersih sampah bahkan ada juga VPN. Bukan Cuma itu saja, aplikasi ini dijamin ampuh untuk melindungi smartphone kesayangan dari virus ataupun malware yang berarti Anda tidak usah khawatir lagi jika file akan hilang karena adanya kedua hal ini.
  • Avast Mobile Security & Antivirus
Pastinya sering Anda tidak menyadari jika situs yang diakses tidak selamanya aman dan hal ini justru menyebabkan smartphone kesayangan terserang virus ataupun malware. Nah Anda tidak perlu khawatir lagi jika sudah mengunduh aplikasi Avast Security ini. Avast secara otomatis akan memberitahu Anda jika situs yang diakses tidak aman alias ada virusnya. Tentunya situs tadi juga akan diblokir oleh Avast sehingga smartphone Anda pun juga jauh lebih aman.
  • Kaspersky
Anti-virus yang satu ini bukan hanya tersedia untuk smartphone saja namun juga PC. Bisa dibilang pelayanan yang diberikan Kaspersky cukup ampuh untuk membasmi segala virus yang ada di smartphone. Adanya fitur yang mampu mengecek otomatis keamanan seluruh aplikasi di smartphone ini membuat smartphone lebih aman dari jangkauan virus yang bisa datang sewaktu-waktu.
  • 360 Security
Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 16 juta kali ini tentunya sudah terjamin kualitasnya. 360 Security bukan hanya melindungi smartphone Anda dari berbagai macam virus ataupun malware namun juga mampu membersihkan file sampah di smartphone dengan sempurna.

Smartphone Masih Sering Bermasalah Setelah Mencoba Tips di Atas? Coba Lakukan Flash Pada Smartphone!

Menarik bukan aplikasi anti-virus yang disebutkan barusan? Apabila aplikasi di smartphone masih saja bermasalah, tidak ada salahnya untuk melakukan flash pada smartphone sehingga kinerja smartphone bisa kembali seperti semula. Berikut adalah langkah untuk melakukan flash pada smartphone Android yang bisa kita coba:
  • Unggah custom ROM terlebih dahulu untuk mengamankan file dan Anda bisa mengunggahnya melalui Google;
  • Anda perlu mematikan smartphone dan memulai proses recovery mode dan memilih opsi wipe data/ reset. Ketika proses ini berlangsung maka sistem operasi smartphone pun akan terhapus;
  • Setelahnya Anda bisa memilih menu Reboot System yang prosesnya biasanya memakan waktu selama 10 menit atau lebih. Smartphone Anda pun bisa kembali berfungsi seperti semula.
Mudah bukan untuk melakukan flash pada smartphone Android kesayangan? Anda juga perlu berhati-hati dalam mengakses situs internet melalui smartphone karena bisa situs tersebut bisa saja mengandung virus. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya!


Posting Komentar untuk "Aplikasi di Smartphone Sering Kali Tidak Berfungsi? Virus Bisa Menjadi Penyebabnya!"