IKLAN DISPLAY 1

TIPS MENGHEMAT BATERAI ANDROID, LAKUKAN 10 HAL INI

Bagi pemilik smartphone khusus nya android berikut ini adalah kiat khusus yang bisa di lakukan agar daya baterai smartphone anda bisa lebih hemat dan baterai juga akan menjadi awet. 

  • Membatasi Pemakaian Data
  • Sebuah baterai memang sudah menjadi pelengkap beberapa alat elektronik, misalnya saja smartphone, smartphone Anda pasti dilengkapi dengan adanya baterai. Suatu kendala yang sudah banyak dialami oleh pengguna smartphone salah satunya adalah daya tahan baterai smartphone yang sangat lemah. Sehingga hal ini akan mengakibatkan baterai smartphone Anda cepat habis. 

    Sebenarnya cara menghemat baterai ini tidaklah sulit, kita hanya perlu melakukan langkah-langkah untuk membuat baterai smartphone dapat tahan lama.

    Agar baterai smartphone atau android Anda hemat cara yang dilakukan pertama kali adalah membatasi pemakaian data. Aplikasi pemakaian data ini aplikasi yang paling banyak memakan daya tahan baterai cepat habis.

    Cara untuk membatasi pemakaian data ini adalah pilih menu aplikasi tersebut lalu pilih batasi atau hapus izin pemakaian data. Cara tersebut akan menghentikan aplikasi dalam pemakaian koneksi internet secara otomatis. Selain itu dengan membatasi pemakaian data akan membuat baterai smartphone Anda lebih hemat.

  • Gunakan Background Gelap
  • Salah satu faktor yang memakan banyak daya tahan baterai selanjutnya adalah tampilah wallpaper bergerak pada layar smartphone android. Meskipun dengan menggunakan wallpaper bergerak membuat smartphone android Anda lebih menarik, namun hal ini malah berimbas buruk bagi baterai.

    Maka dari itu jika tidak ingin baterai smartphone android Anda terkuras cepat, lebih baik gunakan wallpaper atau background  gelap/hitam.

    Banyak orang yang sudah mengetahui alasan menggunakan wallpaper atau background  bernuansa gelap/hitam dapat lebih banyak menghemat baterai smartphone android.

    Hal ini dikarenakan warna dan kecerahan layar pada smartphone android berpengaruh terhadap pengurasan baterai yang digunakan.  Berarti warna hitam atau warna gelap ini tidak akan membutuhkan banyak daya seperti warna putih atau warna cerah lain. 

  • Aktifkan Mode Penghemat Baterai pada Android
  • Dengan menggunakan mode penghemat baterai pada smartphone android akan lebih menghemat baterai smartphone android Anda. Anda bisa mengatur secara otomatis mode hemat baterai smartphone android  ini setelah baterai menunjukan beberapa persen saja.

    Pada beberapa smartphone android sudah menyediakan mode ini. Biasanya aplikasi mode ini terdapat pada pengaturan notifikasi pada layar smartphone android.

  • Matikan Update Play Store secara Otomatis
  • Bagi sebagian pemakai smartphone android mungkin hal ini tidak menjadi masalah besar bagi mereka. Namun bagi sebagian orang mengalami masalah terkait dengan pemborosan baterai yang diakibatkan oleh fitur auto update pada google play store.

    Masalah yang paling sering dialami oleh pengguna adalah baterai yang cepat habis, memang secara default setting update adalah auto-update.

    Melakukan update aplikasi pada smartphone android sangatlah penting, hal ini dilakukan untuk menjaga performa smartphone android agar tetap optimal. Namun sebaiknya Anda melakukan update aplikasi smartphone android secara manual dan tidak mensetingnya untuk melakukan update secara otomatis. Hal ini dilakukan untuk menghindari update ketika baterai Anda dalam keadaan tidak memungkinkan.

  • Jangan Mengaktifkan Fitur yang Dianggap tidak Penting
  • Non-aktifkan fitur yang tidak penting, misalnya saja fitur breafing pada smartphone android. Jangan anggap sepele fitur briefing ini ternyata juga akan berdampak besar pada daya tahan baterai smartphone android Anda. Pada setiap kali Anda membuka fiturnya atau sekalipun tidak sengaja tergeser, maka secara otomatis briefing akan melakukan sinkronisasi data.

    Fitur briefing ini biasanya terdapat pada smartphone android samsung. Ada cara mudah jika Anda pemakai smartphone android samsung dan ingin menghemat daya tahan baterai smartphone android Anda. Maka sebaiknya Anda sebagai pengguna smartphone android samsung meng-off kan fitur briefing ini.

    Selain fitur briefing, fitur lain yang membuat baterai smartphone android Anda cepat habis adalah fitur smart stay. Fitur ini juga banyak terdapat di smartphone android samsung. Fitur smart stay akan membuat smartphone android Anda tetap menyala ketika Anda menatap layarnya. 

    Selanjutnya adalah fitur OK google, fitur bluetooth, fitur WIFI, fitur hotspot, dan GPS. Jangan biarkan fitur-fitur ini pada waktu yang cukup lama. Matikan fitur-fitur ini setelah Anda gunakan, sebab menggunakan fitur-fitur ini terlalu lama akan membuat baterai smartphone android Anda boros. 

  • Hindari Penggunaan Widget Terlalu Banyak
  • Jika Anda menggunakan terlalu banyak widget pada smartphone android Anda, maka akan semakin cepat pula baterai smartphone android habis. Karena widget tersebut akan terus bekerja meskipun smartphone android Anda dalam keadaan mati. Selain itu widget tersebut juga akan terus melakukan sinkronisasi dan terus diperbaharui, seperti cuaca, gmail, dan sosial media.

  • Atur Auto Brightness Secara Manual
  • Semua perangkat smartphone android hadir dengan pengaturan kecerahan layar yang berbeda-beda. Sebagian orang akan lebih memilih menggunakan pengaturan otomatis dan layar akan menyesuaikan kecerahan ketika pada situasi tertentu. 

    Meskipun penggunaannya akan memudahkan kita saat berada pada situasi tertentu, namun hal ini sangat berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

    Anda dapat menggunakan sentuhan pada layar untuk mengontrol tingkat kecerahan sesuai atau tidaknya yang ditampilkan pada layar. Misalnya saja menggeser tampilan tingkat kecerahan pada pengaturan notifikasi layar ke kanan ataupun kiri. Atau Anda juga dapat men-setting tingkat kecerahan smartphone android Anda secara manual.

  • Non-Aktifkan Fitur Motions And Gestures
  • Lagi-lagi meskipun fitur ini akan memberikan kemudahan bagi Anda namun fitur ini akan berdampak buruk pada daya tahan baterai. Fitur motions and gesture ini akan bekerja ketika Anda memberikan perintah pada smartphone android.

    Hanya dengan cara menggerakan smartphone atau gestures khusus pada layar, seperti ketika mengambil screenshot, atau krtika mengabaikan panggilan telepon.

    Anda pasti mengetahui fitur rotasi otomatis atau auto rotation. Dengan fitur motions and gestures ini akan membuat layar  smartphone android menyesuaikan posisi kita. Tetapi jika tidak sering digunakan, lebih baik fitur tersebut dimatikan karena fitur tersebut dapat menguras baterai smartphone android. 

  • Gunakan Suara Daripada Menggunakan Getaran
  • Ternyata suara dering notifikasi lebih menghemat baterai daripada getaran atau vibrate. Untuk itu cukup gunakan suara dering notifikasi saja dan matikan getaran. Gunakan suara dering pada notifikasi telepon, sms, dan lain sebagainya.

    Ternyata tanpa disadari menambahkan mode getaran pada setiap panggilan, pesan, atau notifikasi akan membuat baterai smartphone android Anda  boros. Hal ini malah akan membuat baterai smartphone android Anda jauh lebih boros dibanding tanpa getar.

    Non-aktifkan mode getaran pada pengaturan notifikasi yang tidak terlalu penting jika Anda ingin menghemat baterai smartphone android Anda.

  • Gunakan Charger dan Baterai yang Original
  • Pada saat baterai Anda rusak, sebaiknya gantilah dengan baterai yang original begitu pula dengan charger. Lebih baik mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli baterai atau charger yang original dengan merek terpercaya daripada membeli KW.

    Sebab baterai atau charger KW dapat merusak smartphone android meskipun dengan harga yang murah.


Posting Komentar untuk "TIPS MENGHEMAT BATERAI ANDROID, LAKUKAN 10 HAL INI "